Consultation Of Public Card Of Kec. KADIPATEN

Step by step Install Windows 2000

10/04/2010 20:55

Windows 2000 Professional instalasi langkah-demi-langkah prosedur dengan screenshot

 

 

Program Aplikasi Database Siak Online Depdagri merupakan program aplikasi pengolah dokumen data administrasi kependudukan yaitu aplikasi database dalam pembuatan Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) merupakan link internal Departemen Dalam Negeri, dimana program ini sementara dipusatkan ditingkat Kecamatan yang secara online masuk ke server yang ada di Departemen Dalam Negeri.

Untuk bisa menjalankan aplikasi database ini ada beberapa sepesifikasi minimum hardware yang dibutuhkan yaitu :

  1. Prosesor Pentium 133 disarankan Pentium 166
  2. RAM minimal 128 MB disarankan 256 MB
  3. Harddisk minimal 1 G ke atas
  4. Display (VGA Card) yang mendukung resolusi monitor 640 x 480 setting dengan resolusi 1074 x 768
  5. CDROM/DVDROM/RW minimal 12x Speed ke atas
  6. Network Card sesuai topologi dan kebutuhan jaringan
  7. LAN Card

Berdasarkan pengalaman pribadi penulis, spesifikasi yang disebutkan di atas adalah kebutuhan minimum agar Windows 2000 Profesional dapat terinstal dalam komputer. Apabila Anda serius menjadikan sebuah komputer sebagai server jaringan, maka sangat disarankan menggunakan mesin kelas Pentium III dengan RAM 256 MB untuk memperoleh kinerja maksimal. Untuk menjalankan berbagai latihan dalam buku ini disarankan anda menggunakan komputer Pentium 200 MHz dengan RAM 128 MB. Pada prinsipnya semakin tinggi spesifikasi hardware Anda maka performa sistem akan semakin baik. Anda perlu memberikan perhatian khusus terhadap berbagai persyaratan software terutama bila Anda akan melakukan upgrade Windows NT Server 4.0 atau instalasi dual boot.

Pilihan file system akan sangat berpengaruh terhadap jenis sistem operasi yang dapat disimpan dalam harddisk. Setiap file system memiliki kelebihan dan kekurangan masingmasing, sehingga Anda harus menentukan file system yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan anda. Sistem operasi Windows 2000 Profesional hanya mendukung sistem file FAT16 dan NTFS. Sedangkan keluarga Windows 2000 mendukung sistem file FAT16, FAT32, maupun NTFS. Anda harus memperhatikan dukungan sistem file terhadap setiap jenis sistem operasi terutama jika Anda inginmengkonfigurasi instalasi dual boot.

Berikut ini langkah-langkah installasi windows 2000 Profesional:

  1. Set komputer Anda untuk boot dari CD-ROM Drive dengan urutan Boot komputer Mengubah pengaturan bis .
  2. Insert Windows 2000 Professional installation CD into the CD-ROM drive and reboot the computer so that the computer will boot from Windows 2000 Professional installation CD-ROM that already on the CD-ROM drive. 2. Masukkan Windows 2000 Professional CD instalasi ke CD-ROM Drive dan reboot komputer sehingga komputer boot  dari Windows 2000 Professional instalasi CD-ROM yang satu Sudah pada CD-ROM Drive.
  3. After your computer boot the Windows 2000 Professional installation CD-ROM, the Windows 2000 Setup then start checking the system configuration and loading files driver. 3.
  4. Setelah boot komputer Windows 2000 Professional instalasi CD-ROM, Windows 2000 Setup kemudian mulai memeriksa konfigurasi sistem dan file driver loading.

 

4. Windows 2000 Professional Setup layar kemudian Tampilkan Selamat Datang ke Setup [. Tekan Enter] untuk membuat Windows 2000 atau tekan [R] untuk memperbaiki 

    instalasi   Windows 2000 atau jika Anda ingin keluar sekarang proses instalasi, tekan [F3 ] tombol.

    Press [ENTER] key to proceed with the installation process. Tekan [Enter] untuk melanjutkan proses instalasi.

 

  Tekan [C] untuk melanjutkan proses setup.

 

 

 

 

 Tekan F8 [] untuk melanjutkan proses setup

 

 Sorot unpartition ruang lalu tekan [C] untuk membuat partisi.

 Tekan [Enter] untuk menciptakan ruang partisi baru

 Tekan [Enter] untuk Instal Windows 2000 Professional pada partisi yang Dipilih.

 Tekan [Enter] untuk melanjutkan.

 Ikuti terus sampai installasi selesai seperti gambar di bawah ini

 Nah langkah 1 udah selesai, tunggu hingga komputer restart sendiri, maka akan masuk pada langkah ke 2 seperti gambar berikut :

 Klik [Next> tombol] untuk melanjutkan dengan proses setup

 Klik [Next> tombol] untuk melanjutkan dengan proses setup

 Klik [Next> tombol] untuk melanjutkan dengan proses setup

 isikan Nama dan Organization kalau perlu kalau pun tidak ya terserah

 Klik [Next> tombol] untuk melanjutkan dengan proses setup

 kemudian Tampilan Tanggal dan Waktu Pengaturan, mengatur tanggal & waktu dan Zona waktu Bangkok Jakarta pada Time Zone nya

 Klik [Next> tombol] untuk melanjutkan dengan proses setup.

Setelah Windows Instal komponen jaringan Progress bar lengkap, maka layar Tampilan Dua pilihan (T ypical C ustom pengaturan dan pengaturan) untuk setting jaringan .

Choose the T ypical setting to: T ypical Pilih pengaturan untuk:

Creates network connections using the Client for Microsoft Networks, File and Printing Sharing for Microsoft Networks, and the TCP/IP transport protocol with automatic addressing. Membuat Koneksi jaringan menggunakan klien untuk Microsoft Networks, File dan Percetakan Berbagi untuk Microsoft Networks, dan TCP / IP Protokol dengan transportasi pengalamatan otomatis.

Click [Next >] button to continue with the setup process. Klik [Next> tombol] untuk melanjutkan dengan proses setup

 

kemudian Tampilkan Pertunjukan Tugas Akhir Tugas jendela. Ini Di layar menunjukkan Kemajuan Progress bar pada Setup untuk menyelesaikan akhir satu set.

Please wait until Setup complete: Harap menunggu sampai Setup lengkap:

Installs Start menu items Menginstall Produk menu Start

Registers components Register komponen

Saves settings Menyimpan Properties

Remove any temporary files used Setiap menghapus file temporer yang digunakan

Setelah Melakukan Tugas Akhir, Windows 2000 Professional Setup Tampilan layaryang satu ini maka kita telah berhasil menyelesaikan Windows 2000 setup. Lepaskan media instalasi Windows 2000 Profesional dari CD-ROM Drive "lalu ...

Click [Finish] button to restart the computer ... Klik [Finish tombol] untuk me-restart komputer ...

Selanjutnya Next saja seluruh perintah dalam kotak dialog yang akan tampil sampai akhirnya selesai install, sehingga akan muncul gambar berikut pertanda Windows 2000  Profesional telah selesai diinstall.

 

Langkah selanjutnya tinggal menginstall driver-driver seperti Sound Card, VGA dan lain-lain. 

Mohon Maaf Penulis tidak bisa menyajikan lagkah-langkah installasinya, disebabkan untuk spesifikasi daripada driver itu sendiri metode installasinya berbeda-beda.

 


 

 

 

 

Search site

Contact

Siakonline Jl. Raya Heuleut No. 02 Kadipaten 45452 0233-661005